my life, review

Oppo F1s HP Wajib buat Pecinta Selfie

img_20170219_100435

Gara-gara suami yang Oppo minded berencana upgrade hp dari Oppo Joy yang sudah berumur 3 tahunan ke Oppo F1s, saya yang memang dasarnya ga mau kalah jadi ikutan deh. Padahal saat itu hp saya Lenovo P70 masih lumayan baru dan masih berfungsi dengan baik.

Suami : Aku mau ganti F1s ah.
Saya : Gituuu… beli hp baru sendiri.
Suami : Lha emang kamu mau pake Oppo?
Saya : Ya mau lah kalo dibeliin.
Kemudian kita kembaran hp. Oppo F1s. Eaaa.

Sebenarnya dulu saya anti sekali sama Oppo, lha gimana, wong strategi marketingnya aneh (menurut saya). Sales counternya itu lho, setengah memaksa konsumen. Setiap ada konsumen yang mau beli hp merk apapun pasti deh ditawar-tawari merk Oppo, dirayu dengan segala cara sampai akhirnya konsumen urung membeli hp yang dituju dan beralih beli Oppo. Apasih banget ga?! Tapi sepertinya saya termakan ucapan saya sendiri, saya membeli hp Oppo dan saya jatuh cinta.

Oke saya ga gitu ngerti tentang spesifikasi hp, yang saya ngerti cuma saya butuh hp dengan kamera bagus karena saya doyan foto dan instagram mania. Trus butuh yang batrainya awet karena saya sering dinas ke luar kota. Sama satu lagi, murah, hahahahaha yakali minta yang bagus tapi murah. Alhamdulillah Oppo F1s lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan mobile saya sehari-hari.

Berikut beberapa hal yang membuat saya jatuh cinta sama Oppo F1s :

1. Kamera Depan
Sesuai dengan gimmicknya Selfie Expert, Oppo F1s ini memang baguuuuuuuuuus banget kameranya, terutama kamera depan, 16 MP bro! Bening. Jangkauannya luas. Mas hubby dan Nabila yang biasanya ga doyan foto sekarang malah ketagihan foto, abis enak sih pakai kamera depan Oppo F1s. Selain ada timer dengan pilihan off, 3 detik, 5 detik, 8 detik yang memudahkan kita find the best angle, ada juga pilihan shutter mulai dari normal, touch, voice sampe palm. Voice tuh kamera bakal nyekrek sesuai timer yang kita pilih saat kita bilang ‘cheese’, sedangkan palm tuh kamera bakal nyekrek sesuai timer yang kita pilih saat kita dada-dada ke layar hp, keren kan. Nih contoh hasil foto pakai kamera depan di dalam dan di luar ruangan.

img20170120205537
Foto dengan kamera depan di dalam ruangan
img20170215150539
Foto dengan kamera depan di luar ruangan

Oh ya, pada kamera depan Oppo F1s juga terdapat beauty mode yang bisa disetel sampai 7 settingan. Aseeek. Mau muka mulus di foto bak artis-artis korea dalam sekejap bisa banget. Bhay to camera 360! Buat para pecinta selfie kudu wajib punya ini hp.

Kiri : kamera depan mode normal; Kanan : kamera depan beuty mode nomor 4

Ada juga mode panorama (yang jujur belum pernah saya pakai) dan mode GIF. Taukan GIF? Itu loh gambar yang bisa gerak-gerak. Lucuuuk.

img20170219143919
Pakai mode GIF, bisa kedip kedip fotonya

2. Kamera Belakang
Kamera belakang Oppo F1s yang 13 MP terbilang lumayan bagus. Jauh lebih bagus dari mantan hp saya Lenovo P70 yang sama-sama 13 MP nya. (Koq jadi membanding-bandingkan ya)

Kamera belakang Oppo F1s biasa saya pakai untuk foto landscape ataupun foto-foto makanan. Kalau mau hasil foto yang lebih oke tinggal aktifkan mode HDR. Kalau mau foto dengan resolusi yang lebih baik, pilih menu ultra HD. Sedangkan kalau mau foto menggunakan filter, pilih menu various filters. Oh ya, pada kamera belakang sudah dilengkapi flash jadi ga perlu khawatir buat foto di tempat yang minim cahaya. Khusus untuk flash ada pilihan off, on, auto dan fill light. Nah yang fill light itu keren deh, suer. Jadi kan saya pernah foto makanan di suatu warung yang kebetulan tembok warungnya berwarna kuning, entah kenapa foto makanan jadi ikutan kuning, saya aktifkan lah flash yang fill light dan taraaa… foto jadi ga kuning lagi. Nih buktinya.

img20170215112556
Foto dengan kamera belakang mode normal
img20170215112636
Foto dengan kamera belakang mode flash fill light

Sama seperti kamera depan, pada kamera belakang pun terdapat beauty mode, panorama dan GIF. Metode pengambilan foto juga bisa dilakukan dengan normal, touch, voice dan palm. Pilihan timer juga ada off, 3 detik, 5 detik dan 8 detik.

Selain menu-menu tersebut, pada kamera belakang juga terdapat menu double exposure dan expert mode dimana pada menu expert mode kita bisa mengatur settingan kamera seperti besarnya exposure, ISO, focus, dan lain-lain.

3. Batrai
Oppo F1s mempunyai batrai 3075 mAh dan itu awet banget. Saya nge charge malam saat mau tidur, besoknya hp digunakan terus-menerus buat whatsapp-an, sesekali sms dan telpon, buat buka instagram, facebook, foto-foto, edit foto, ga habis-habis batrainya. Baru butuh nge charge lagi saat malamnya. Waktu yang dibutuhkan buat nge-charge-pun sebentar saja.

4. Tampilan
Oppo F1s tersedia dalam 4 pilihan warna : gold, rose gold, grey dan black. Semuanya elegan. Tapi saya sih sudah pasti pilih rose gold. Body Oppo F1s slim ga nggedebel dan terbuat dari metal bukan plastik, ini menambah kesan elegan, eksklusif, mahalan dan apalah itu namanya. Layarnya lebar, cocok buat yang suka nge blog pakai hp macam saya dan buat yang suka nge game macam mas hubby. Hanya saja resolusi layar Oppo F1s masih rendah, cuma 720p. Kalau dibandingkan dengan Samsung J7 yang harganya relatif sama, kalah tajam jauh. Hiks. Untung brand ambassador nya Oppo F1s si cantik Raisa dan TVC nya keren banget serta sering nongol di primetime. (Trus hubungane opo jal?!)

Tenang, cuma layarnya saja koq yang kalah sama si Samsung J7, segi lainnya ya jelas unggul Oppo F1s lah, apalagi batrai. (Lho koq membanding-bandingkan lagi)

5. Harga
Dengan harga 3,4 juta (kemarin waktu saya beli, ga tau sekarang berapa) dapat hp yang punya kemampuan seperti pada poin 1 sampai 4, punya ruang penyimpanan lega, (internal 32GB, eksternal up to 128GB) serta RAM 3GB yang sangat mendukung untuk multitasking buka beberapa app tanpa nge lag, ditambah lagi sudah mendukung jaringan 4G LTE, menurut saya sih worth it.

Jadi buat yang punya rencana upgrade hp dan nyari yang kameranya bagus serta batrainya tahan lama, Oppo F1s bisa banget dijadikan pertimbangan. Ga akan menyesal deh. Malahan sekarang sudah ada Oppo F1s new edition yang kabarnya kapasitas internal 64GB dan RAM 4GB. Hmmm…

Tags: ,

4 Comments

  1. aku juga pk oppo mbak…so far puas banget ma oppo

  2. OPPO emang pilihan terbaik dah ….

  3. Sekarang ini, selfie moments pasti identik sama OPPO.

  4. […] Baca : Oppo F1s HP Wajib Buat Pecinta Selfie […]

Leave a Reply