Menjelajah Dikota Liverpool

Menjelajah Dikota Liverpool – Liverpool berjarak sekitar 280 km dari London dan diantara kedua kota ini terdapat kotakota penting lainnya yang bisa disinggahi seperti Birmingham dan Manchester. Liverpool memiliki banyak objek wisata menarik yang patut Anda kunjungi dari mulai city tour, water tour, tempat-tempat bersejarah, hiburan malam, kuliner sampai dengan menikmati event olah raga. Seperti kita ketahui kota ini juga sebagai sarang club sepak bola papan atas Inggris yaitu Liverpool FC, sehingga menjadi tontonan yang sayang dilewatkan saat club berjulukan The Reds ini menjamu para lawan-lawannya di stadion Anfield.

Banyak yang bisa dilakukan di Kota Liverpool, berikut ini adalah tempat-tempat seru yang patut masuk dalam itinerary Anda.

ACORN VENTURE FARM
Pergi bersama keluarga ke Liverpool rasanya belum lengkap jika tidak mengunjungi tempat wisata ini. Acorn Venture Farm menawarkan beragam atraksi wisata yang menarik dan memberikan pengalaman seru tentunya. Tempat wisata ini merupakan lahan pertanian dan peternakan yang memiliki fasilitas berupa dua area bermain outdoor, jalanan di dalam hutan, pusat penjualan tanaman, toko souvenir, makanan & minuman.

Selain itu koleksi binatang ternaknya cukup beragam mulai dari domba, sapi, kambing, babi, kuda dan ayam, masih adalagi binatang kecilnya seperti marmut dan kelinci. Salah satu aktifitas yang bisa dilakukan adalah berupa pengenalan kepada anak anak tentang kehidupan pertanian dan belajar lebih banyak lagi mengenai karakter hewanhewan yang ada di sini.

WILLIAMSON TUNNELS

Sampai sekarang masih menjadi misteri mengapa terowongan ini dibuat pada awal abad 19 oleh Joseph Williamson seorang pengusaha tembakau yang eksentrik. Lokasinya berada di area Edge Hill yang dibeli olehnya pada tahun 1805. Sebelumnya kawasan ini terlihat kumuh namun sejak adanya penelitian dan penggalian oleh para arkeolog tahun 1995, sedikit demi sedikit terlihat perubahannya.

Labirin labirin dalam tunnel mulai terkuak dan sejak itu sudah dibuka untuk umum sebagai sebuah heritage center. Di The Williamson Tunnels para pengunjung akan dibawa ke dunia dalam tanah yang menarik di bawah jalan-jalan distrik Edge Hill. Anda bisa melihat gambaran kehidupan masa lalu dari kepingan kepingan benda peninggalan yang dipamerkan di lokasi tersebut.

SHOPPING CENTER
Bagi yang shopaholic, kota ini menyediakan shopping center kelas dunia yang dapat memanjakan hasrat belanja Anda. Diantaranya Liverpool One yang berada di jantung kota, pusat perbelanjaan ini menyediakan produk fashion merek -merek terkenal. Ada lagi Metquarter dimana Anda diberi banyak pilihan untuk produk fashion dan kecantikan. Di samping itu Cavern walks dan Lord Street di Southport bisa jadi pilihan tempat belanja yang menyenangkan lainnya.

Meskipun di kota Liverpool jarang sekali terjadi pemadaman listrik, namun pusat perbelanjaan ini tetap menyediakan 2 unit genset silent besar untuk berjaga-jaga ketika suatu saat listrik padam akibat alasan tertentu. Dengan adanya genset, pasokan listrik pada shopping center ini tetap terjaga meski listrik mati.

Tidak hanya di Liverpool saja, mall di Indonesia juga banyak yang menggunakanya. Pengelola mall tidak mau rugi dan kehilangan pelanggan hanya karena pemadaman listrik dadakan. Toko jual genset murah di Samarinda adalah tempat terbaik untuk anda kunjungi apabila anda juga memerlukan mesin genset.

KNOWSLEY SAFARI PARK
Kebun binantang ini berlokasi di pinggiran Kota Liverpool tepatnya berada di wilayah Knowsley. Selain sebagai objek wisata terkenal, Knowsley Safari Park juga mempunyaiperan besar yaitu sebagai lokasi konservasi dan penelitian yang diselenggarakan atas kerjasama Universitas ternama di Liverpool, Chester dan Menchester.

Seperti taman safari pada umumnya, pengunjung bisa berkeliling taman dengan menggunakan mobil pribadi. Akan tetapi Knowsley Safari Park juga menyuguhkan mobil unik yang bisa ditumpangi untuk menelusuri taman sehingga pengunjung dapat terhindar dari resiko kerusakan mobil yang disebabkan oleh ulah para hewan.

ALBERT DOCK

Albert Dock dahulunya merupakan kompleks pergudangan yang diresmikan pembukaannya untuk pertama kali oleh Prince Albert (suami Ratu Victoria) pada tahun 1846. Sekarang area ini menjadi pusat hiburan dan atraksi wisata yang paling banyak diminati oleh warga kota maupun para turis. Wajar jika Albert Dock dimasukan dalam World Heritage UNESCO, karena di lokasi ini selain memiliki bangunan historis juga punya nilai cerita sejarah yang tinggi.

Anda bisa merasakan beragam atraksi wisata seperti belanja, mencicipi kuliner di restoran maupun bar atau mengunjungi museum-museum di lokasi yang dulunya sempat menjadi pangkalan armada angkatan laut Inggris pada perang dunia kedua ini. Di samping itu Anda dapat menikmati wisata air dengan menumpang The Yellow Duckmarine yaitu semacam kendaraan amphibi yang memiliki 24-30 tempat duduk. Dari atas amphibi ini Anda akan disuguhkan pemandangan di seputar water front city Liverpool selama 30 menit dimana diantaranya terdapat bangunan-bangunan dengan gaya arsitekturnya yang memikat seperti Metropolitan Cathedrals, St. George Hall dan lain lain. Lokasinya cukup mudah dijangkau tidak jauh dari pusat Kota Liverpool dan Anda hanya butuh sekitar 20 menit berjalan kaki dari Liverpool Lime Street train station.

Tags: