my life

Memperpanjang / Bikin SIM

Jadi memperpanjang atau bikin sih?!

Hehehe. Jadi ceritanya aku mau memperpanjang SIM C ku. Tapi ternyata matinya uda Juli 2015 lalu, hampir setahun ya :p

Waktu di polres Mojokerto aku baru tau ternyata batas memperpanjang SIM itu 14 hari sebelum masa berlakunya habis sampai dengan 3 bulan setelah masa berlakunya habis. Nah lo.

Karena aku telatnya uda kadaluarsa, brarti aku sama kaya bikin SIM baru. Caranya :
– Siapin fotokopi KTP dan SIM
– Beli map yang disediakan di polres setempat (Rp. 5000,-)
– Nyerahin surat keterangan sehat (ngurusnya di polres juga koq dengan biaya Rp. 20000,-)
– Ngisi formulir pendaftaran
– Ikut ujian teori dan praktek yang naudzubillah susahnya
– Kalo lulus, bayar administrasi Rp. 120000,- trus dapet nomor antrian buat foto. Itu kalo lulus lho. Masalahnya buat lulus itu susah banget
– Foto, sidik jari, tanda tangan digital
– Nunggu sebentar, jadi deh SIM nya
Kalo ga lulus ya balik lagi di hari yg ditentukan oleh polres buat tes ulang. Haduuuh, membayangkannya aja uda bikin pusing pala incess hehehe.

Alhamdulillahnya rejeki anak soleh, pas aku masih di tahapan surat keterangan sehat, petugas kesehatan yang ada di polres nanya, “ini memperpanjang apa bikin baru?” Trus kujelasin niatku sih memperpanjang apadaya SIM nya uda kadaluarsa, eh si bamud (bapak muda petugas kesehatan :p, halah) bilang, “saya bisa bantu mbak tinggal foto aja hari ini SIM jadi, tanpa tes, tapi biaya adminstrasinya Rp. 350000,- gimana?” Tanpa pikir panjang aku langsung mengiyakan saja, bah generasi apa pula ini sukanya yang shortcut shortcut hihihi, peace.

Dan bener deh, abis bayar Rp. 20000 + Rp. 350000 langsung suruh antri di tempat foto, agak lama dipanggil dikasih nomer antrian, trus foto, trus jadi deh SIM C ku 😀

Jadiiii, kedepannya harus harus banget ngereminder diri sendiri buat memperpanjang SIM biar ga sampe kejadian kaya gini lagi. Wong masih lima tahun lagi ini, see you 10 juli 2021 polres Mojokerto. Eh gak ding, bentar lagi kan mau bikin SIM A, e ciye :p

Leave a Reply