Inilah Beragam Komponen Penting Pada Genset

Komponen Penting Pada Genset

Komponen Penting Pada Genset – Generator set merupakan alat yang dapat menghasilkan daya listrik sebagai pasokan listrik cadangan. Genset sering digunakan dalam acara pernikahan, kegiatan sekola, pedesaan, toko, restoran, hotel, perusahaan, dan sebagainya yang pada umumnya pada situasi darurat atau emergency. Karena penggunaanya sudah luas, saat ini ada jual genset manado yang menyediakan berbagai jenis genset untuk keperluan anda.

Komponen Penting Pada Mesin Genset

Genset mempunyai komponen yang saling berhubungan sehingga menghasilkan fungsi yang maksimal. Komponen tersebut mempunyai fungsi masing-masing, yang menjadikan genset dapat menghasilkan arus listrik cadangan ketika terjadi pemadaman listrik. Komponen dalam genset adalah sebagai berikut:

  • mesin

Dalam genset pasti terdapat mesin. Mesin adalah bagian utama yang berfungsi sebagai sumber energi untuk input mekanis generator.

  • alternator

Alternator berfungsi untuk menghasilkan output berupa listrik dari mesin. Alternator ini berupa perakitan komponen yang menyebabkan gerakan relatif antara listrik dan medan magnet, sehingga dapat menghasilkan arus listrik.

  • sistem bahan bakar

Sistem bahan bakar ini berupa tangki atau penampung bahan bakar yang dipasang diatas bingkai genetaror. Tangki bahan bakar ini berukuran sebesar kapasitas genset itu sendiri.

  • voltage regulator

Bagian ini mempunyai fungsi untuk mengatur tegangan yang di keluarkan oleh generator.

  • pendingan dan exhaust sistem

Dalam sebuah genset membutuhkan pendingin untuk menetralkan suhu pada semua alat yang menghasilkan panas.

  • sistem pelumas

Pada mesin genset memerlukan pelumas untuk memastikan daya tahan genset. Serta untuk membuat generator halus dalam jangka waktu yang panjang. Sehingga mesin generator harus dilumasi dengan minyak dan disimpan dalam pompa.

  • charger baterai

Dalam genset terdapat baterai yang berfungsi sebagai suplier listrik saat pertama kali genset dihidupkan. Listrik yang dihasilkan tersebut berasal dari daya beterai pada genset.

  • control panel

Control panel ini merupakan alat kontrol untuk mengatur berbagai komponen genset dalam menghasilkan listrik sehingga tidak menimbulkan kendala atau kerusakan.

  • kerangka utama

Untuk mewadai semua komponen tersebut, diperlukan kerangka utama atau frame, sehingga tampilan genset lebih baik dan lebih menarik sesuai dengan fungsinya.

Semua komponen dalam genset membutuhkan perawatan yang baik dan benar. Karena genset yang tidak terawat akan cepat rusak dan membuat daya kerja genset menurun.

Tags: