Hadapi Era Disrupsi Digital dengan Teknologi yang Tepat

Hadapi Era Disrupsi Digital dengan Teknologi yang Tepat

Semua perusahaan di dunia kini tengah menghadapi fenomena disrupsi digital. Fenomena ini menuntut setiap perusahaan untuk memanfaatkan teknologi agar mampu bertahan di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat.

Melihat kondisi tersebut, IBM Indonesia mengajak perusahaan Indonesia untuk membangun potensi bisnis di masa depan dengan memanfaatkan teknologi terkini seperti AI, cloud, blockchain, dan IoT yang akan mengubah dunia di masa depan. Untuk dapat memanfaatkan teknologiteknologi itu, sayangnya masih banyak perusahaan kesulitan dalam memilih solusi teknologi yang tepat untuk mereka implementasikan.

Melihat hal itu, IBM Indonesia bersama para partner-nya mencoba membantu menjawab masalah tersebut melalui solusi-solusi teknologi terkini yang mereka miliki. Dalam acara bertajuk IBM BP (Business Partner) Solutions Summit 2018 yang digelar beberapa waktu lalu di Jakarta, Megawaty Khie, selaku President Director IBM Indonesia mengatakan ”IBM berkomitmen untuk membantu setiap perusahaan Indonesia tanpa perlu mendikte teknologi apa yang harus mereka gunakan. IBM lebih memilih mendengarkan tantangan yang dihadapi perusahaan dan kemudian mencari solusi teknologi yang paling optimal.” “IBM memiliki end-to-end solutions yang dapat menjawab semua kebutuhan tersebut” tambah Megawaty.

Dalam membantu proses tranformasi digital perusahaan di Indonesia, IBM Indonesia sendiri didukung dengan berbagai mitranya seperti AGIT, Anabatic Technologies, Bina Data Mandiri, Binareka Tata Mandiri, Blue Power Technology, Intikom Berlian Mustika, Lintasarta, Multipolar, Perkom, Sinergi Wahana Gemilang, dan Tech Data. Novan Adian, selaku Country Manager One Channel IBM Indonesia menjelaskan “Semua solusi yang disediakan mitramitra kami dibangun di atas teknologi IBM dan dapat langsung diimplementasikan secara cepat oleh perusahaan di Indonesia.”

Dari deretan mitra yang bekerjasama dengan IBM Indonesia, ambil contoh Anabatic Technologies. Anabatic telah banyak menghadirkan solusi yang dapat membantu transformasi digital perusahaan, seperti solusi PocketBank misalnya. PocketBank sendiri merupakan sebuah platform yang memungkinkan transaksi keuangan dilakukan di smartphone nasabah.

“PocketBank memiliki fitur unggulan yang mendukung proses transaksi non finansial seperti registrasi nasabah, pembukaan rekening, profiling nasabah, dan juga customer service” ujar Adriansya Adnan, selaku Direktur PT Anabatic Technologies. Solusi PocketBank ini pun sudah digunakan di beberapa bank, termasuk di kawasan Asia Tenggara. Untuk di Indonesia, bank yang telah menggunakan platform PocketBank adalah Bank DKI. Teknologi IBM sendiri berperan di sisi hardware untuk memastikan transaksi di PocketBank berjalan sempurna.

“PocketBank berjalan di atas infrastruktur IBM LinuxOne yang memberikan performa tinggi dan stabil dalam memproses transaksi yang terjadi di platform PocketBank,” tutur Adrian.

Tags: