random thoughts

Welcome Back Mr. Jonan

imagesSource : Tempo

Kemarin, di tengah perjalanan pulang dari Biro SDA menuju rumah, saya membaca status teman saya di medsos yang menyatakan bahwa hari ini 14 Oktober 2016 Jokowi melantik Ignasius Jonan sebagai Menteri ESDM dan Arcandra Tahar sebagai Wakil Menteri ESDM. Wah, bakal jadi pasangan hebat nih, pikir saya.

Saya memang sudah ngefans dengan pak Jonan semenjak beliau menjabat sebagai Dirut KAI. Gimana engga, beliau mampu merombak total sistem di internal PT. KAI yang kala itu carut marut. Tadinya naik kereta itu identik dengan berdesak-desakan dalam gerbong bahkan sampai ada yang duduk di atas gerbong, kumuh karena banyak pedagang asongan dan rawan copet. Tapi setelah pak Jonan berperan, naik kereta api itu first choice banget! Nyaman, aman dan bebas macet. Soalnya memang berubah 180°. Ga ada lagi calo tiket, ga ada lagi berdesak-desakan di dalam gerbong, ga ada lagi pedagang asongan, ga ada lagi copet, dan semua kelas kereta api dilengkapi AC, bahkan kelas ekonomi sekalipun. Begitu juga stasiunnya, jadi bersih ga ada kaki lima, toiletnyapun ga pesing.

Saat pak Jonan menjabat sebagai Menteri Perhubungan juga bagus, Saya suka sekali dengan tagline “Lebih baik tidak berangkat daripada tidak pernah pulang”. Itu berarti pak Jonan sangat mengutamakan keamanan tidak seenaknya saja memberi ijin operasi. Sayangnya ga sampai 1 tahun pak Jonan kena reshuffle, kurang tau apa alasan pak Jokowi, apa karena tragedi Brexit atau karena faktor politis. Yang jelas pak Jonan adalah orang yang punya integritas, kapasitas dan kapabilitas, buktinya beliau terpilih lagi sebagai menteri ESDM. Yaaa.. semoga mafia-mafia migas dibabat habis dan izin pertambangan baik mineral maupun non mineral lebih dikaji ga main ok-ok saja.

Salam kerja kerja kerja!

Leave a Reply