my life, tips

Tips Mix and Match Baju Agar Kamu Kelihatan Langsing

Hai gaes, kalian lebih suka belanja baju secara online atau offline? Kalau saya lebih suka offline karena bisa dicoba. Belum tentu yang modelnya bagus, ukurannya pas dengan tubuh saya, harganya mahal, cocok saat saya kenakan. Maklum bukan super model yang tinggi semampai pakai baju apapun aduhai.

Sadar punya kekurangan, saya butuh usaha ekstra dalam mix and match baju agar klik saat dipakai. Klik disini maksudnya enak dilihat dan meski aslinya gendut jadi kelihatan langsing (cuma kelihatan ya, seperti, bukan langsing dalam arti yang sesungguhnya wkwkwk). Kalau pakai baju yang klik doang bisa bikin langsing kasihan fitness centre dan penjual pelangsing dong ga laku hahaha 😊

 

Beberapa tips mix and match baju agar kamu kelihatan langsing :

1. Pilih model yang sesuai

First thing first, kenali bentuk tubuhmu. Kamu gendutnya di bagian mana. Apakah hanya di bagian perut ke atas atau seluruh tubuh. Then, kamu bisa menentukan model baju yang sesuai.

Misal kamu termasuk yang gendut perut ke atas, maka kamu bisa pilih model loose blouse dipadukan dengan skinny jeans atau pencil pants.

Sedangkan untuk kamu yang gendutnya merata di seluruh tubuh, sebaiknya pilih tunic berpotongan A-Line panjang selutut dipadukan dengan skinny jeans atau pencil pants. Jika ingin memakai blouse, tetap pilih loose blouse, usahakan jangan terlalu pendek, minimal tetap menutupi perut dan bokong. Kemudian padukan dengan celana yang bukan skinny ataupun pencil. Tapi bukan gombrang juga. Yang model pipa atau straight.

Kalau sudah terlanjur beli loose blouse yang pendek di atas perut, jangan dibuang. Padukan saja dengan skirt berpotongan A-Line, tapi skirt nya harus yang longgar ya.

2. Pilih bahan yang bisa menyamarkan bentuk tubuhmu

Untuk atasan, bahan crepes dan sejenisnya sangat disarankan. Selain ringan, bahan jenis ini mengikuti bentuk tubuh jadi jatohnya bagus kalau dipakai, memberikan efek slim.

Bahan lainnya yang disarankan yaitu cotton dan polyester.

Hindari bahan rayon dan spandex karena sangat menempel di tubuh, nyeplak istilahnya. Wow lemak-lemak bisa terpampang nyata.

Sedangkan untuk bawahan bebas, kamu bisa pilih bahan jeans untuk casual outfit dan celana atau rok untuk tampilan yang lebih formal.

3. Pilih size setingkat di atas ukuran tubuhmu

Maksudnya disini, misal jika ukuran tubuhmu LD (lingkar dada) 100 cm maka pilih baju dengan size setingkat di atasnya, minimal LD 102 cm. Begitupun dengan celana ataupun rok. Karena yang ketat sangat tidak enak dilihat.

4. Pilih motif dan detail yang paling simple

Mau main-main di motif? Sah-sah saja koq. Coba motif garis vertikal dan voila! kamu akan kelihatan lebih slim. Kalau mau motif square pilih yang kotaknya kecil-kecil ya. Begitupun dengan motif bunga atapun polkadot, pilih yang bunga atau polkadotnya yang kecil-kecil.

Mau main-main di detail juga boleh koq asal jangan keramaian. Bosan juga kan kalau tiap hari bajunya gitu-gitu doang. Detail yang disarankan misalnya bagian bawah tunic dibuat oval atau ruffle, bisa juga di bagian lengan blouse diberi tali pita, atau di bagian belakang tunic maupun blouse diberi kupnat dan lain-lain.

Hindari detail sambungan di bawah dada ya. Karena akan menimbulkan kesan kamu lagi hamil.

5. Pilih warna yang sesuai

Orang bertubuh gendut sebaiknya pakai warna hitam? Iya sih warna hitam atau warna gelap memberikan efek slim, tapi masa setiap hari bajunya hitam melulu. Orang gendut bisa koq pakai baju warna apa saja, mau warna bold, warna pastel ataupun warna gelap. Ikuti saja empat rules di atas, pasti kamu selamat. Oh ya, usahakan from head to toe harus match ya. Jika atasanmu sudah motif maka pilih bawahan polos dan jilbab polos. Sebaliknya, jika atasan polos, bisa pilih bawahan motif, kalau mau bawahan polos juga bagus, tinggal tambahkan jilbab motif.

6. Be confidence

Sebenarnya you can break the rules kalau kamu punya self confidence yang tinggi. Mau pakai blouse pendek di atas perut dipadukan sama skinny jeans kek, mau pakai blouse motif jilbabnya juga motif kek, apapun. Kalau kamunya pede, nyaman, pembawaanmu asik, yang lihat pun jadi ikutan asik. Malah kepedean kamu tersebut bisa jadi identitas atau karakter agar mudah dikenali orang lain.

 

Jadi gimana, setuju ga dengan tips dari saya? Silahkan boleh dicoba untuk dipraktekkan. Kalau kamu punya tips lain tentang mix and match baju yang bisa bikin kelihatan langsing, boleh lah di share di comment. Big girl don’t cry.

11 Comments

  1. Be confidence adalah yang utama menurut saya Mba πŸ˜€

  2. Nice tips. Terimakasih sudah berbagi πŸ™‚

  3. Hastira

    makasih tipsnya

  4. Kalo saya selalu pede pake baju warna gelap mbak, buat menyamarkan lemak di badan sih sebenernya. dan it’s work. Btw, thx for sharing ya mbak? salam kenal πŸ™‚

    1. Iya black never be wrong.
      Salam kenal juga mbak

  5. Aku sih agak rempong kalau beli baju. AKu mudah gerah dan biasanya pilihan bahan katun, rayon pokoknya yang adem gitu. Warna sih ga suka yang ngejreng. Warna pastel, biru muda, pink dan salem tuh bagus heheh.

    1. Iya katun emang paling enak. Kalo rayon, hmmm… balik ke selera sih. Yang penting be confidence.

  6. Aku emak kurus dengan pipi tembem..
    Lucunya kalo make baju jubah malah keliatan gendut.. Hihihi..
    Nice tips bun..

    1. Tapi kan pipi tembem gemesin mak. Hehehe.

  7. […] Baca : Tips Mix and Match Baju Agar Kamu Kelihatan Langsing […]

Leave a Reply