parenting

Sewa Mainan untuk Anak

Dear para mama seantero jagad raya, ada yang pernah sewa mainan untuk anaknya ga? Saya dua kali lho. Pertama waktu Nabila masih umur 6 bulan, kedua ya sekarang ini Nabila sudah 2,5 tahun.

Saat itu berdasarkan buku-buku parenting yang saya baca, umur 6 bulan adalah masa-masa anak mulai belajar duduk. Saya googling kursi yang sesuai untuk anak umur 6 bulan belajar duduk, sangat banyak macamnya dan semua mahal (di atas Rp 500.000,-). Sebenarnya sih kalau mau beli bisa saja tapi setelah saya pikir-pikir, iya kalau anaknya mau duduk di kursi itu, kalau engga, cuma menuh-menuhin gudang deh. Misal mau dijual lagi sudah pasti harganya turun drastis walaupun baru dipakai sekali.

Akhirnya saya putuskan untuk sewa bumboo seat dimana harga sewanya cuma 10% dari harga kalau kita beli bumboo seat itu sendiri. Dan benar, Nabila cuma betah duduk 5 menit saja disitu. Setelah itu nangis dan minta diangkat. Tuh kan, untung cuma sewa.

20141109_121103
Nabila 6 bulan dan bumboo seat

Sekarang Nabila sudah 2,5 tahun. Dia sangat aktif sekali, suka menyanyi, suka mengulang hafalan doa yang diajarkan oleh pengajarnya di daycare, suka baca buku, suka loncat-loncat, suka lari-larian dan suka bermain. Saya sih prefer dia suka bermain daripada duduk anteng gadget-an. Menurut penelitian, bermain sangat berkaitan dengan perkembangan kemampuan motorik halus, kasar serta interaksi sosial. Bermain juga dapat melatih anak berkomunikasi, melatih emosi, berpikir, menjadi kreatif dan akhirnya bisa belajar menyelesaikan masalah. Selain itu dengan bermain, kita sebagai orang tua mempunyai banyak bonding time dengan anak.

Sebenarnya mainan koleksi Nabila sudah cukup banyak, mulai mobil-mobilan, bola basket dan ringnya, lego, playdoh, puzzle, boneka, masak-masakan, dokter-dokteran dan lain-lain. Tapi yaitu namanya anak kecil gampang bosan. Mainan yang sudah tidak pernah dipakai akhirnya menuh-menuhin gudang.

Terbesitlah pikiran kenapa ga sewa saja ya. Satu tapi yang besar seperti koleksi Little Tikes yang biasa ada di playground-playground. Mulai googling-googling lagi deh cari tempat sewa mainan anak di Surabaya / Sidoarjo. Setelah ketemu yang pas dari segi manfaat dan harga, saya pilih mainan kitchen set ELC. Ini pasti Nabila suka nih.

img_20160619_181909
Nabila 2,5 tahun dan kitchen set ELC

Manfaat dari mainan tentang aktivitas sehari-hari seperti masak-masakan dengan kitchen set adalah mengembangkan daya imajinasi untuk melatih kreativitas serta kemampuan bersosialisasi dengan baik.

Harga sewa kitchen set ELC Rp. 120.000,- per bulan. Kalau beli baru sih harganya Rp. 1.900.000,-. Hemat banyak kan, walau ga jadi hak milik. Malah enak bisa gonta-ganti nanti sewa mainan yang lain lagi.

Berikut ini adalah daftar tempat sewa mainan anak di Surabaya / Sidoarjo yang saya dan beberapa teman pernah gunakan :

1. Babybee
Website : babybee-babybee.blogspot.co.id
No. Hp : 082338839400

2. Kitty Toys Rent
Website : kittytoysrent.com
No. Hp : 081232332330
BBM : 2C08B228

3. Keira
IG : @keira_sby
No. Hp : 082233737799
BBM : 5948DF49

4. Immitoys
IG : @immitoysrent
No. Hp : 082233442720
BBM : 5E738540

Dari semua tempat sewa mainan anak di atas, akses menyewanya gampang banget, tinggal kepo-in website atau instagram mereka ➡ pilih mainan yang cocok ➡ telephone, whatsapp atau BBM ➡ barang diantar deh sama kurir mereka. Ada biaya antar tapi murah koq, sekitar Rp. 20.000,- an gitu. Nanti kalau sudah habis masa sewa diambil lagi sama kurirnya dan gratis. Ga usah takut ga higienis, kan bisa dicuci dulu mainannya begitu datang sebelum dipakai. Yang penting anak-anak harus cuci tangan setelah maianan. Bismillah sehat.

Yuk ajak anak bermain dengan beragam permainan tapi hemat dengan sewa mainan. Anak riang mama senang.

“Motherhood is all about choices you make everyday. What to do, how to do, when to do all the right things for our kids.”

3 Comments

  1. di solo tmn saya juga jalani bisnis kyk beginian..lumayan ternyata..

  2. Panggil ane mas 🙂 iya mb

  3. Duh banyak nian yg pgl saya mbk..ini Mas..

Leave a Reply