blog competition, my life

Pesan Hotel Yang Pasti-Pasti? Traveloka Dulu

 

Saat akan memesan hotel, hal  yang pertama terlintas dalam pikiran saya adalah Traveloka. Betapa tidak, tagline Pesan hotel yang pasti-pasti? Traveloka dulu sudah tertanam dalam alam bawah sadar. Kerja yang bagus dari tim Traveloka dalam hal promosi melalui iklan.

Untung bukan hanya iklan saja yang bagus, pelayanannya pun sangat memuaskan. Beberapa kali pesan hotel melalui Traveloka selalu puas tidak pernah kecewa sedikit pun. Sampai pada suatu hari ketika saya pesan Hotel Santika BSD Serpong, Tangerang Selatan yang membuat saya semakin cinta dengan Traveloka dan tidak mau pindah ke lain hati.

 

PENGALAMAN PESAN HOTEL DI TRAVELOKA

Ceritanya, meski sering menggunakan Traveloka baik untuk memesan hotel, tiket pesawat maupun tiket kereta api, saya tidak mempunyai akun di Traveloka alias belum mendaftar sebagai member. Apalagi download aplikasinya. Entah apa yang ada dalam pikiran saya saat itu.

Yang penting buka situs web Traveloka versi dekstop, pilih hotel sesuai tujuan dan tanggal menginap, isi formulir pemesanan, bayar lewat internet banking dan selesai. Voucher hotel akan dikirim ke email, itupun tidak pernah saya print sebab tanpa membawa print out voucher pun saya tetap bisa check-in karena pihak hotel sudah memiliki data saya sebagai pemesan hotel melalui Traveloka. Sangat mudah.

Seperti saat saya dan bos saya menginap di Hotel Santika BSD Serpong, Tangerang Selatan. Tanpa membawa print out voucher pun kami tetap bisa check-in.

Tapi karena menginap di Hotel Santika BSD Serpong, Tangerang Selatan adalah urusan Dinas Kantor, maka diperlukan surat pernyataan dari pihak hotel bahwa benar saya dan bos saya menginap di sana sebagai laporan pertanggung jawaban. Oleh karena itu pada saat check-out saya meminta surat pernyataan tersebut pada receptionis.

Receptionis bilang pihak hotel tidak bisa mengeluarkan surat pernyataan tersebut. Pusing lah saya.

Jalan keluarnya adalah receptionis yang bertugas saat itu akan bertanda tangan pada print out voucher Traveloka dengan dibubuhi stempel hotel.

Permasalahannya, saya tidak membawa print out voucher Traveloka.

Oke bisa buka di email.

Ternyata saya salah tulis alamat email bos saya pada saat mengisi formulir pemesanan, yang seharusnya dot co dot id saya tulis dot com. Otomatis voucher hotel tidak terkirim kemanapun. Huwaaa. Terus bagaimana ini?!

Kalau tidak ada tanda tangan dan stempel hotel bisa-bisa saya disuruh bayar sendiri hotelnya padahal kan ini urusan kerja.

Akhirnya saya telepon customer service Traveloka. Syukurlah customer servicenya manusia bukan robot yang bisanya cuma menyuruh tinggalkan pesan. Customer servicenya pun sangat responsive. Dengan cepat mencarikan voucher hotel atas nama bos saya yang menginap di Hotel Santika BSD Serpong, Tangerang Selatan pada tanggal 11 April 2017. Setelah berhasil ditemukan langsung dikirim ke email pribadi saya. Lega.

Dengan Traveloka tiket hotel #JadiBisa diklaim oleh kantor.

Traveloka memang is the best.

Sejak saat itu saya mendaftar sebagai member Traveloka agar saat pesan semua data akan dikirim ke email saya sehingga tidak terjadi lagi drama salah tulis alamat email. Selain itu saya juga mendownload aplikasi Traveloka di android saya. Ternyata kalau sudah terdaftar sebagai member, setiap melakukan transaksi tiket pesawat, hotel, atau pesawat + hotel yang dilakukan melalui situs web versi desktop Traveloka atau Traveloka App versi 2.12 ke atas akan mendapatkan poin. Yang mana poin tersebut dapat ditukar pada pemesanan tiket pesawat atau hotel untuk mendapatkan potongan harga. Jadi menyesal kenapa tidak dari dulu saja saya daftar sebagai member.

Yang lagi pada bingung mau pesan hotel, ke traveloka saja dijamin puas.

 

MENGAPA PESAN HOTEL DI TRAVELOKA?

1. Pilihan Menginap yang Lengkap

Traveloka memiliki 19.000 hotel yang tersebar di di berbagai wilayah Indonesia dan 266.000 hotel di seluruh dunia.  Selain itu Traveloka Hotel juga mencakup berbagai brand hotel di Indonesia, mulai dari AiryRooms, Ibis, RedPlanet, Favehotel, Pop! Hotel, Novotel, Aston International, Amaris Hotel, Santika Resort & Hotel, Swiss-Belhotel International, Whiz, Hilton Worldwide, Marriott, Dafam, Kagum, hingga masih banyak lainnya.

Traveloka memiliki beragam tipe akomodasi, mulai dari hotel berbintang hingga hotel murah maupun berbagai tipe akomodasi lain seperti hostel, resort, apartemen, villa, homestay, cottage, guest house, B&B, dan camping.

2. Bukan Cuma Murah, Harganya Jujur

Traveloka adalah yang paling murah harganya. Bahkan lebih murah daripada pesan langsung ke hotelnya. Selain murah, di Traveloka juga gratis biaya transaksi, harga di depan sudah final dan tanpa hidden fee.

3. Pilihan Pembayaran Beragam

Tidak punya kartu kredit? Tenang saja, pembayaran menjadi semakin fleksibel dengan berbagai pilihan pembayaran, mulai dari Transfer ATM, Kartu Kredit, Internet Banking, hingga pembayaran melalui gerai offline seperti Indomaret dan Alfamart.

4. Sistem Pencariannya Cerdas

Jika belum tahu hotel mana yang akan dipilih, masukkan nama tempat wisata  atau kota yang akan kalian kunjungi. Traveloka akan menampilkan berbagai akomodasi yang letaknya berdekatan dengan tempat yang kalian masukkan.

5. Fitur Stay Guarantee

Traveloka menjamin dan memastikan kalian dapat menginap di akomodasi yang telah kalian pilih. Apabila kalian mengalami kesulitan saat melakukan check-in dan pesanan yang sudah kalian bayar tidak tersedia atau dibatalkan secara sepihak oleh hotel, maka Traveloka akan menawarkan akomodasi pengganti dengan kualitas yang setara (atau bahkan lebih baik) untuk kalian.

6. Traveloka Best Price Guarantee

Khusus untuk pesanan Tiket Pesawat dan Hotel, klaim garansinya jika ada harga lebih murah di situs lain. Selisih harganya akan diganti oleh pihak Traveloka dengan kupon diskon hingga Rp 200.000 untuk transaksi berikutnya tanpa perlu melakukan booking atau membeli dari situs pembanding, cukup tunjukkan cuplikan layar yang menampilkan harga lebih murah dan rincian pemesanannya saja.

7. Kebutuhan Travel Terjawab di Satu Tempat

Tidak hanya tiket hotel, kalian juga bisa memesan tiket pesawat, pulsa dan paket data, tiket tempat wisata di tempat tujuan kalian, serta paket tiket pesawat plus hotel.

8. Tersedia Banyak Promo

Traveloka memiliki berbagai jenis promo yang akan membuat akomodasi semakin terjangkau. Terdapat promo TGIF, ProMonday, Terpesona Asia, dan masih banyak lainnya yang bisa dinikmati setiap harinya.

9. Tersedia Poin

Traveloka Poin adalah program reward dari Traveloka yang dibuat khusus untuk member. Program ini memungkinkan kalian mendapat Poin setiap kali membeli tiket pesawat, hotel, atau paket tiket pesawat + hotel yang dilakukan melalui situs web versi desktop Traveloka atau Traveloka App versi 2.12 ke atas. Poin tersebut dapat ditukar dengan diskon, dimana 1 Poin bernilai Rp 100.

10. Customer Service yang Responsive

Customer service Traveloka  siap membantu 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Kalian dapat menghubungi melalui email, live chat pada situs web Traveloka versi desktop dan telepon.

Sudah, tidak perlu berpikir lama, segera pesan hotel melalui Traveloka. Traveloka dulu, pasti liburan kemudian.

 

26 Comments

  1. Mia

    Oh…. Ternyata bayarnya ke traveloka, ke hotel bayar pake voucher dari traveloka…

    1. Iya mbak bayarnya ke Traveloka. Tar check-in nya tinggal bilang pesan dari Traveloka atas nama siapa, pihak hotel uda punya data kita.

  2. Hobi suamiku kalau lagi pusing langsung buka Traveloka, trus bilang “Bundaro kita nginep di hotel yuk” kwkwkwkw…

    Padahal nginep ya juga masih di dalam kota

    1. Staycation memang alternatif refreshingnya orang-orang kota mbak

  3. samaaaaaaa … aq sekeluarga juga suka pake traveloka .. klo disini pake rbnb .. di indo juga ada kan ya? tp ga tau trackrecordnya gimana..hehehe..

    1. Belum coba rbnb di Indonesia mbak jadi belum tau.

  4. Ana

    Iya mbak aku juga suka pakai traveloka, memang fitur2nya sangat membantu, pilihannya juga sangat beragam dari mulai hotel bintang 5 sampe hostel-pun ada yaaa

  5. halo mbaa sorry baru bw.. bener mbaa,, saya selama ini booking tiket pesawat selalu pakai traveloka.. dan alhamdulilah lancar, pernah sii sekali malah gajadi ke bandung dan tiket akhirnya di refund.. dan itu gak dipersulit

    1. Wah pernah refund segala ya. Keren emang traveloka.

  6. Aku pernah pesan kamar, pas datang ternyata kasurnya single gak sesuai dengan di foto. Ternyata emang kenakalan ada di penyedia kamar. Mana lagi mati lampu jadi sekalian ajah alesan buat cancle. Trus ngurus canclenya juga gampang pakai traveloka. Dan langsung cari hotel baru deh

    1. Oh ada ya mbak penyedia hotel yang nakal gitu.

  7. sama nih mbak kita, kalo kemana-mana pasti traveloka dulu pilihan pertama untuk cari hotel atau tiket transportasi

  8. Aku juga kalo mau pesan hotel pasti langsung buka Traveloka. Kayak udah otomatis gitu mba.. Branding-nya udah kuat banget, ya. Dan selama ini Alhamdulillah lancar dan gak pernah ada masalah.. 🙂

  9. Libur semester ini pgn ngajak bocah liburan. Rencananya mau pakek traveloka. Dan abis baca ini. Jd makin mantab mau pakek traveloka. Makasih share pengalamannya ya mbk

  10. Akuuu langganan traveloka, keluarga kalo mo pesem tiket apa hotel juga aku yg pesenin. Mayan nambah poin

  11. Andalan saya. Hehehe… urusan tiket dan hotel traveloka selalu. Kebayang dulu waktu belum kenal traveloka, mau nginap di hotel, telpon2 hotel satu-satu tanya tarif. Sejak pakai traveloka udah bisa bandingin sendiri, lihat foto-fotonya juga fasilitasnya 🙂

    1. Iya bener, dulu bukain web hotel satu-satu, terus telpon ke hotelnya nanya-nanya, ga praktis banget ya mbak.

  12. Aku kemarin nyoba traveloka mba. Dan memang mudah dan praktis.

  13. betul sekali pemesanan hotel lewat Traveloka memanbg selalu memudahkan ^_^

  14. hihi sekarang traveloka lagi ada sedikit problem yaa. yg sempet jadi trending topic kemarin

    1. Iya cuma sedikit kesalahpahaman aja mbak.
      Tapi sih menurut saya misal CEO nya beneran walkout ya ga apa apa ga perlu boikot aplikasinya juga, kan hak setiap orang untuk memilih mau mendengar atau tidak 🙂

  15. Belum pernah nyobain pesen hotel dari aplikasi Traveloka, tapi jadi kepengen nih. Masih kepikiran kalau tiba-tiba batal menginap, uangnya hangus atau kembali berapa persen ya?

    1. Belum pernah sampe batal menginap sih jadi belum tahu. Mungkin bisa ditanyakan ke customer servicenya sebelum booking hotel.

  16. Aku juga suka banget pake Traveloka. Pesan tiket kreta, pesawat, hotel smuanya mudah & aman banget pake Traveloka ya, apalagi kalau lagi ada promo hihihi

  17. uda langganan di traveloka, apalagi ada promo hotel pas weekend atau liburan, langsung klik pesan ngga pake mikir, hehe …

    1. Kalo ada promo hotel forward lah ke aku mbak rizky, aku lebih suka staycation sih ketimbang pergi jauh tapi ala-ala backpacker hehe.

Leave a Reply