blog competition, review

Mana yang Lebih Dulu, Ayam atau Telur?

Mana yang lebih dulu, ayam atau telur? Hehehe.

Mana yang lebih dulu, ayam atau telur? Sering kan dengar pertanyaan gurauan seperti itu, meski gurauan tetap dibutuhkan kecerdasan lho untuk bisa menjawabnya. Sebenarnya ayam dan telur sendiri adalah makanan yang paling sering kita temui di keseharian. Hampir semua orang pernah memakannya. Karena selain sangat mudah di dapat, harganya pun bersahabat. Saya sendiri selalu sedia telur di rumah. Tapi tahukah anda bahwa ternyata makan ayam dan telur punya banyak manfaat?

 

MANFAAT AYAM

  1. Mencegah anemia karena mengandung zat besi
  2. Mempertahankan keseimbangan kolesterol, Mencegah kanker, Mencegah serangan jantung karena mengandung zat niacin, asalkan dalam proses pegolahannya dengan cara-cara yang sehat seperti direbus dan dikukus
  3. Bagus untuk tumbuh kembang anak, Memperkuat tulang, Menjaga kesehatan gigi karena mengandung kalsium dan fosfor
  4. Meningkatkan nafsu makan
  5. Penghilang stress karena mengandung vitamin B5 atau asam pantotenat
  6. Meningkatkan sistem imun karena mengandung vitamin dan mineral
  7. Mengurangi risiko radang sendi (arthritis) karena mengandung zat selenium
  8. Memperlancar metabolisme tubuh karena mengandung senyawa vitamin B kompleks
  9. Menambah massa otot
  10. Sebagai sumber pembangun tubuh
  11. Kandungan zat kimiawi beracun dalam daging sangat rendah
  12. Kualitas gizi lebih tinggi
  13. Kandungan lemak sangat minim
  14. Kandungan proteinnya berkualitas tinggi
  15. Rasa daging kenyal dan lebih gurih

 

MANFAAT TELUR

  1. Kaya akan protein, Rendah kalori, Membantu program diet, Pembentukan otot dan Sebagai sumber tenaga. Telur mengandung banyak sekali protein namun rendah kalori. Mengonsumsi telur dapat membuat perut terasa kenyang sehingga keinginan untuk makan menjadi berkurang dan dengan begitu berat badan dapat diatur. Protein merupakan pembentuk utama pada tubuh kita yang memiliki banyak sekali fungsi penting seperti merangsang pertumbuhan, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak serta membantu pembentukan jaringan tubuh yang baru dan sehat. Dalam sebutir telur, terdapat protein sekitar 6,5 gram dan 9 jenis dari asam amino yang tidak dapat dibuat oleh tubuh.
  2. Bagus untuk kesehatan mata. Salah satu vitamin yang baik untuk kesehatan mata adalah vitamin A. Bukan hanya vitamin A, namun telur juga mengandung Zeaxanthin serta Lutein yang merupakan dua antioksidan yang bagus untuk mata.
  3. Mengandung beberapa jenis vitamin B dan sumber folat. Bagian putih telur merupakan sumber ribllflavin serta selenium dan vitamin esential seperti kolin, niasin betain, B12 serta folat. Vitamin esential yang berupa folat ini bagus untuk menjaga kesehatan ibu hamil beserta janin yang dikandungnya. Tidak hanya itu namun folat juga bagus digunakan dalam membantu perkembangan otak janin, mengurangi resiko bayi terlahir secara prematur, mengurangi resiko bayi terlahir dengan berat badan rendah dan lain-lain. Kandungan kolin pada telur bermanfaat untuk membantu perkembangan jaringan sel tubuh yang sehat. Di dalam telur terdapat kandungan nutrisi kolin sekitar 100 miligram. Mengonsumsi sebutir telur secara rutin perhari dapat digunakan untuk mencukupi 28% kebutuhan kolin bagi ibu hamil.
  4. Memiliki banyak kandungan nutrisi. Dalam sebutir telur dapat ditemukan banyak sekali jenis nutrisi yang berperan baik dalam kesehatan. Beragam jenis nutrisi baik yang dapat ditemukan dalam sebutir telur mulai dari : Zat besi, Vitamin E, Vitamin K, Kalsium, Seng (zync) dan Mineral
  5. Tidak membuat kolesterol meningkat. Manfaat telur juga dapat meningkatkan kolesterol baik, namun tidak berbahaya.
  6. Telur dapat meningkatkan level HDL. HDL atau High Density Lipoprotein yang merupakan kolesterol baik di dalam tubuh. Orang yang memiliki HDL lebih tinggi berarti memiliki resiko terkena stroke, penyakit jantung serta berbagai gangguan kesehatan lain yang lebih rendah. Pada sebuah penelitian, disebutkan jika mengonsumsi telur sebanyak 2 butir setiap hari, mampu meningkatkan level HDL anda sebanyak 10 di dalam tubuh.
  7. Bagus untuk kesehatan tulang. Telur mengandung vitamin D yang berfungsi sebagai vitamin untuk membantu penyerapan kalsium bagi tulang.
  8. Bagus untuk rambut dan kuku. Telur memiliki banyak kandungan sehat seperti vitamin A, vitamin E, asam amino serta mineral yang bagus bagi kesehatan rambut.
  9. Kekebalan tubuh
  10. Baik untuk pasien kemoterapi. Bagian telur yang berwarna putih sangat disarankan bagi pasien yang tengah menjalani kemoterapi serta pasien dengan gangguan ginjal. Kehebatan lain dari putih telur adalah ketika tahun pertengahan bagian telur yang bewarna putih tersebut digunakan sebagai obat untuk luka serta penderita tulang.
  11. Masker wajah. Masker wajah dari putih telur memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan serta kecantikan wajah seperti mengenyalkan serta membuat kulit wajah tampak lebih cerah.
  12. Bebas lemak. USDA melaporkan jika di dalam telur terbebas dari  lemak termasuk di dalamnya lemak jenuh. Pada putih telur tidak terdapat lemak sama sekali berbeda dengan pada kuning telurnya. Bukan hanya lemak tak jenuh namun putih telur memiliki sejumlah nutrisi hebat lainnya seperti : 6,6 mcg selenium, 1,3 mcg folat, 2,3 mg kalsium, 4,9 mg fosfor dan 3,6 mg magnesium.

Namun demikian ada beberapa orang  takut makan telur karena takut kolesterol, ada juga yang beranggapan telur penyebab bisul. Padahal telur mengandung kolesterol baik, bukan kolesterol jahat.  Banyak kasus kolesterol di masyarakat pada umumnya bukanlah karena telur maupun komoditi peternakan lainnya, melainkan karena masakan digoreng dengan minyak berulang-ulang, hingga menghasilkan kolesterol jahat. Sedangkan untuk bisusl, kasus ini hanya terjadi pada orang-orang  tertentu yang  menderita alergi telur yang jumlahnya sangat sedikit sekali . Orang yang tidak punya riwayat alergi pada telur tentu saja  tidak usah khawatir.

Ketakutan mengonsumsi ayam juga terjadi akibat adanya anggapan bahwa ayam pedaging (broiler) bisa cepat besar karena disuntik hormon. Hal ini sama sekali tidak beralasan karena harga satu dosis hormon satu kali suntik bisa mencapai 5 USD (Rp. 65.000), padahal harga ayam di tingkat peternak kurang dari Rp 20 ribu/ekor. Jelas tidak logis peternak menyuntik ayamnya dengan hormon. Proses pertumbuhan ayam pedaging (broiler) yang cepat adalah hasil persilangan puluhan tahun sesuai dengan kaidah ilmu genetika sehingga dihasilkan ayam dengan mutu genetik yang bagus.

Padahal nih ya, jika kita menilai harga makanan sumber protein berdasarkan harga per gram protein, maka harga protein telur ayam adalah termurah. Harga protein telur hanya Rp. 144/gram, lebih murah dibanding harga protein tempe (Rp. 181/gram). Selain itu ayam dan telur mengandung asam amino assensial yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecerdasan otak.

Perbandingan harga per gram protein

Berdasarkan fakta di atas maka perlu upaya serius untuk melakukan edukasi ke masyarakat mengenai pentingnya ayam dan telur, salah satunya dengan diperingatinya Hari Ayam dan Telur Nasional (HATN) setiap tanggal 15 oktober. Atas inisiatif Pinsar Indonesia (Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia), ASOHI (Asosiasi Obat Hewan Indonesia) dan didukung oleh asosiasi-asosiasi peternakan dan kesehatan hewan, mulai tahun 2013 lalu acara HATN dilakukan di luar kota. Acara HATN pun telah diakui sebagai bagian dari World Egg Day oleh International Egg Commision sejak 2016.

Tahun 2017 ini HATN akan dipusatkan di Lombok. Mengangkat tema “Ayam dan Telur Makanan Kita Semua”  diharapkan agar spirit bahwa ayam dan telur menjadi makanan semua lapisan masyarakat karena harganya terjangkau dan kandungan gizinya luar biasa dapat tersampaikan. Dengan mengonsumsi sebutir telur sehari dan sepotong daging ayam, tubuh kita akan lebih sehat dan cerdas.

 

PERLU DIPERHATIKAN

  1. Bagi sebagian orang mengonsumsi telur dapat menyebabkan alergi.

Dalam hal ini sebenarnya bukan telurnya yang menjadi sumber alergi melainkan terdapatnya albumin pada bagian putih telur. Alergi ini banyak terjadi pada anak-anak atau mereka yang masih balita. Reaksi dari makanan telur ini dapat dirasakan beberapa menit atau beberapa jam setelah mereka mengonsumsi telur. Gejalanya cukup berbeda antara satu dengan yang lain seperti gatal-gatal pada kulit, kulit yang membengkak, mual dan muntah, gatal-gatal dan berarir, batuk dan mengi dan lain-lain. Untuk beberapa anak, gejala dari makan telur juga dapat menyebabkan datangnya asma. Bukan hanya asma atau mungkin sekedar kulit gatal-gatal, namun ada juga beberapa gejala yang lebih parah seperti terjadinya pembengkakan pada tenggorokan serta saluran udara, tekanan darah yang menurun secara tiba-tiba, pusing hingga hilangnya kesadaran seseorang.

  1. Jangan makan ayam atau telur bersama ikan.

Rasulullah SAW pernah mencegah kita makan makanan darat dan makanan laut secara bersamaan. Karena makanan darat mengandung ion positif (+) dan makanan laut mengandung ion negatif (-), menurut teori sains kedua ion ini akan tarik menarik sehingga jika kita makan bersamaan akan terjadi reaksi biokimia yang dapat merusak usus kita. Akibatnya sakit perut dan juga membuat perut kita buncit.

  1. Mitos bahwa saat sedang luka dilarang makan ayam atau telur itu salah.

Seperti telah saya jelaskan di atas bahwa baik ayam atau telur mengandung protein yang baik sekali untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak serta membantu pembentukan jaringan tubuh yang baru dan sehat. Saya ingat betul saat selesai operasi caesar, dokter menyarankan saya banyak mengonsumsi telur agar luka bekas operasinya cepat kering.

 

HASIL OLAHAN AYAM DAN TELUR

Mengolah ayam dan telur itu sangat mudah dan banyak variasi. Sebagai lauk bisa digoreng, direbus, dibakar, bahkan dibumbu seperti kare, opor, bumbu bali dan lain-lain. Sedangkan sebagai makanan ringan bisa diolah menjadi martabak, bahan membuat tart, topping pizza, isian pempek dan lain-lain.

Yang paling baru nih, saya biasa bikin telur campur pipilan jagung manis, terinspirasi dari Curry Chicken di sebuah warung makan yang pernah saya kunjungi. Enak lho, suami dan anak saya suka. Silahkan bisa dicoba di rumah.

Curry Chicken sumber inspirasi, hmmm… yummy

Jadi kalau anda masih bingung menjawab pertanyaan “Mana yang lebih dulu, ayam atau telur?” berarti anda kurang cerdas tuh. Mau sehat dan cerdas? Gampang koq. Makan ayam dan telur saja.

Referensi :

  1. http://pinsarindonesia.com/bahan-lomba-menulis-artikel-hari-ayam-dan-telur-nasional-hatn-2017dan-hari-telur-sedunia-2017/
  2. http://www.khasiat.co.id/daging/ayam.html
  3. https://manfaat.co.id/manfaat-telur

2 Comments

  1. wah lengkap tulisannya, jadi ngga ragu makan ayam dan telur nih 🙂

  2. Kedoyanan selaluuuuu! Diapain aja aku pasti doyan..
    Btw baru tau ada Hari Ayam dan Telur Nasional

Leave a Reply