my life, review

Cek Harga Toko Sebelah Dulu Yuk

Buibu kalau belanja bulanan pada kemana? Minimarket, supermarket, swalayan lokal atau warung tetangga sebelah? Eh tapi tahu kan belanja bulanan yang saya maksud di sini seperti apa?! Itu lho belanja kebutuhan rumah tangga di setiap bulannya, biasanya dilakukan setelah gajian, bisa awal bulan bisa juga akhir bulan tergantung gajiannya kapan.

Saya sendiri lebih prefer belanja di supermarket dalam hal ini Hypermart. Alasannya simple banget, sekalian jalan-jalan haha. Soalnya hypermart kan ada di dalam Lippo Mall Sidoarjo tuh, jadi ya gitu deh sambil belanja bulanan sambil lirak lirik ke outlet lain, kalau ada yang bikin mak deg di hati bisa langsung bungkus. Kalau habis belanja kehausan dan kelaparan tinggal belok ke resto nya.

Sungguh saya tidak pernah memperhatikan harga di hypermart itu wajar atau kemahalan, yang penting gaya. Kalau kemudian besoknya sehari-hari cuma makan tahu tempe gapapa, sekali lagi yang penting gaya. LOL.

Kadang belanja ke Giant di Suncity Mall, tapi jarang karena tempatnya ga semenarik hypermart. Lagian saya punya nya membercard hypermart yang kalau kita belanja bisa nambah poin. Poin tersebut bisa kita belanjakan lagi nantinya.

Sedangkan untuk kebutuhan mendadak yang belum tercover dari hasil belanja bulanan, saya biasa beli di Alfamart dekat rumah. Ga tahu kenapa milih Alfamart, padahal di sebelahnya ada Indomaret. Ah mereka memang tak terpisahkan.

Beda saya beda mama saya, mama tuh kalau belanja bulanan pasti ke swalayan lokal yang sudah terbukti melalui survei bahwa harganya termurah di kotanya. Kata mama selisih 300 sampai 400 rupiah dikalikan berapa jumlah barang yang dibeli itu lumayan lho nilainya.

Emang bener gitu ya buibu?

Iseng-iseng saya lihat-lihat barang yang sama di 4 tempat (Hypermart, Giant, Alfamart, Indomaret). Dari hasil lihat-lihat kemudian saya bandingkan harganya. Taraaaa :

NoBarang
Indomaret
Alfamart
Hypermart
Giant
1.Rinso cairRp 18.000Rp 18.800Rp 16.550Rp 17.500
2.Lux refill 450 mlRp 27.100Rp 27.700Rp 21.500Rp 23.000
3.Sensodyne coolRp 30.900Rp 30.700Rp 27.300Rp 27.300
4.PanteneRp 19.900Rp 15.500Rp 19.890Rp 17.900
5.RejoiceRp 19.900Rp 15.500Rp 20.200Rp 14.900
6.Indomie gorengRp 2.300Rp 2.400Rp 2.150Rp 2.300
7.Indomie rebusRp 2.300Rp 2.400Rp 2.300Rp 2.200
8.Bimoli refill 2 ltRp 26.000Rp 26.500Rp 28.500Rp 26.900
9.Tropical refill 2ltRp 23.200Rp 23.500Rp 31.000Rp 29.900
10.Tango uk. kartonRp 12.700Rp 12.700Rp 8.750Rp 8.900

Ternyata alfamart yang paling mahal. Selisihnya gila-gilaan euy. Kecuali untuk barang yang promo ya harganya bisa jadi yang paling murah dari keempatnya. Urutan dari mahal ke murah : Alfamart – Indomaret – Hypermart – Giant.

Bulan depan belanjanya mau ke Giant saja ah. Biar hemat walau hanya beberapa rupiah.

Gimana buibu, pilihan tempat belanja bulanannya sudah tepat belum? Bisa banget mempertimbangkan survei kecil-kecilan saya di atas untuk menentukan pilihan kedepannya. Coblos nomer dua. Wkwkwk.

8 Comments

  1. klo aq biasanya liat brosur dulu mba, yg mana yg paling butuh duluan dan pas harganya lg murah langsung deh cus beli kesana, hehe

    1. Ya gimana ya orang Ekonomi gitu loh.

  2. saya biasa belanja di pasar tradisional

  3. Saya biasanya ke griya & borma

  4. Ya ampun rajin banget dibikin tabel perbandingan. Saya mah feeling saja atau diingat-ingat toko mana yang lebih mahal. Di Bandung sini sih, Carrefour mahal secara keseluruhan sih. Kata teman juga begitu. Tapi jarang belanja di sana juga deng…hehe…bingung sih saking luasnya…bingung nyari barangnya. Seringnya belanja ya yang dekat rumah saja dan ga usah nyebrang. Ga tahu deh lebih murah atau lebih mahal…

    1. Iya katanya Carrefour yang paling mahal, tapi di Sidoarjo ga ada Carrefour, adanya Transmart itupun baru aja hehe.

  5. Wahhh ternyata Alfamart mihil yes…akkk…

    1. Iyaw bener. Ke indomaret aja.

Leave a Reply