blog competition, my life

Cantik Dari Hati itu Bermanfaat Bagi Orang Lain

Berawal dari obrolan ringan di group whatsapp saat Ramadhan kemarin.

PhotoGrid_1468559109080
Kami bersembilan teman seangkatan masuk suatu instansi berencana untuk reuni setelah lima tahun tidak berkumpul karena ditempatkan di unit yang berbeda. Saat itu saya mengusulkan untuk baksos (bakti sosial), tidak terpikirkan secara detail apa bentuk baksosnya yang penting kegiatan sosial, membantu orang lain.

Usul saya disetujui oleh beberapa teman, namun ada yang menolak dengan alasan kalau mau amal/sedekah mending langsung ke lembaga resminya. Menurut teman saya tersebut, reuni itu = kumpul-kumpul = makan-makan. Bahkan dia sudah memberikan list restoran dan hotel di area Surabaya yang all you can eat. Kebayang kan berapa rupiah yang harus dikeluarkan untuk sebuah acara bertajuk reuni tesebut?! Kurang lebih dua ratus ribu per orang. Memang sih uang segitu ga banyak buat kami yang notabene habis menerima gaji ke 13. Tapi… kalau hanya untuk makan-makan dua ratus ribu cuma dapat kenyang dan kurang senang karena membayangkan suami/istri/anak kami yang menunggu di rumah.

Kami terus berembuk, dengan santai tentunya. Masing-masing mengeluarkan pendapat. Semuanya benar, tapi harus diambil keputusan yang terbaik diantara yang benar. Sampai pada keputusan reuni tahun ini adalah baksos bagi-bagi beras ke tukang becak/pemulung sampah/pedagang keliling/penjaga palang pintu kereta api yang sudah lanjut usia. Jadi kami iuran masing-masing seharga makan di restoran all you can eat kemudian dibelikan beras 5 Kg-an dan dibagikan.

Picture4

Memang sih ga akan bisa posting foto cantik OOTD mau buka bareng di medsos, ga bisa posting foto groupfie buka bareng di restoran mewah, ga bisa posting foto makanan-makanan enak, tapi lihat senyuman bahagia di wajah para tukang becak/pemulung sampah/pedagang keliling/penjaga palang pintu kereta api saat menerima beras dari kami dan dengar untaian doa tulus dari mereka untuk kami, sejenak membuat kami terenyuh, meneteslah setitik air mata. MashaAllah nikmatnya. Dari yang tadinya dua ratus ribu cuma dapat kenyang dan kurang senang akhirnya dua ratus ribu dapat bahagia buat 45 orang. Semoga sesuatu yang kecil ini menjadi besar manfaatnya. Menurut saya inilah yang dinamakan cantik dari hati karena sebaik baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.

“Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Thabrani dan Daruquthni)

IMG_20160624_230301
Baksos The Avenger Ramadhan 1437 H

post ini diikutsertakan dalam “Wardah Cantik Dari Hati Blog Writing Competition”

coew30lbluaqfbtndl4w

Leave a Reply