parenting, review

Bingung Mau Ajak Anak Kemana Saat Weekend, Coba ke Alun-alun Sidoarjo

Weekend kemarin bingung mau ngajak anak kemana, masa di rumah saja, kasihan nanti bosan, anaknya apa mamanya ๐Ÿ˜› Ke rumah mami ga mungkin. Ke mall.. hmm lagi ga ada planning beli sesuatu sih, lagian mall di Sidoarjo kecil banget, bosan juga kalau keseringan. Kenapa ga coba ke alun-alun?!

IMG_20160731_170810
Anak gadis dan monumen jayandaru -ikon alun-alun Sidoarjo-

Oke, daridulu saya -sebelum punya anak- memang anti main ke taman terbuka hijau, macam orang ga modal mainnya ke taman. Tapi itu dulu. Setelah punya anak pikiran seperti itu saya buang jauh-jauh karena ternyata ngajak anak main di taman jauh lebih bermanfaat daripada ngajak anak ke mall. Selain bondingtime, main di taman berlarian kesana-kemari bisa melatih motorik kasarnya. Main ayunan, jungkat jungkit, prosotan dan climber bisa melatih problem solving skill. Terus melihat bunga warna warni, ikan dan burung yang ada di taman bisa menambah wawasan atau kognitifnya. Belom lagi melatih interaksi sosial dengan anak-anak lain yang juga bermain di taman tersebut, melatih antri juga untuk gantian memakai permainan yang ada. Ah masih banyak manfaat lainnya deh. Dan semuanya GRATISSS! Hehehe mengajari anak bahwa semua tidak diukur dengan uang juga ga sih ๐Ÿ˜‰

Bonusnya buat saya jadi tau, oh ternyata alun-alun Sidoarjo yang berada di jalan A. Yani -tengah kota Sidoarjo- ini bagus juga ya, luas.. lengkap.. dan bersih. Segala macam permainan anak ada. Kuda-kudaan, onta-ontaan, naga-nagaan, kereta kencana dan mobil kuno juga ada. Ada juga spot olahraga yang dilengkapi alat-alat ala di gym center gitu. Segala macam tanaman juga ada sampai saya bingung jawab waktu ditanya anak, โ€œapa ini ma?โ€. Di bawah monumen jayandaru -monumen berbentuk tugu, dengan hiasan patung udang dan ikan bandeng- yang menjadi ikon alun-alun Sidoarjo ada kolam ikannya, otomatis anak saya senang bukan kepalang. Monumen tersebut dikelilingi patung ikan kecil yang mengeluarkan air mancur, sudah deh anak saya teriak kesenangan, โ€œmama ai mancuโ€ (read: mama air mancur).

Selain anak-anak, di alun-alun juga banyak dijumpai sepasang muda-mudi mojok di kursi-kursi yang sudah disediakan. Ngapain hayo?! Hehehe. Banyak juga yang autis sama smartphonenya -kebanyakan remaja cowo-, ternyata waktu saya intip mereka lagi main pokemon. Kalau yang remaja cewe banyak yang selfie-selfie di taman pake tongsis, alamak. Waah.. ternyata ini ya aktifitas yang biasa dilakukan di taman, dulu waktu masih muda -sekarang juga tetep muda- ga pernah ke taman sih. Kalau nyari tempat parkir jelas ada -kebetulan waktu itu saya parkir di sisi kanan alun-alun (depan pemkab)-, kalau nyari toilet juga ada, tapi jangan berharap bisa kuliner di alun-alun ya karena memang tidak ada pedagang kaki lima, bagus deh biar bersih ga kumuh.

IMG_20160729_162904
Antara takut dan penasaran liat kuda-kudaan ๐Ÿ˜›
IMG_20160729_162639
Anak gadis seneng banget diajak ke alun-alun
IMG_20160731_173058
“Mama ai mancu” (read: mama air mancur)

Oh ya katanya setiap hari Minggu pagi ada car free day di alun-alun. Kapan-kapan coba ah.

1 Comment

  1. […] Baca : Bingung Mau Ajak Anak Kemana Saat Weekend, Coba ke Alun-alun Sidoarjo […]

Leave a Reply