my life, parenting, review

Balada Mencari TK di Sidoarjo (part 2)

Hai hai. Pada nungguin kelanjutan postingan saya tentang survey TK di Sidoarjo ga?

Jadi setelah kemarin saya sempat mereview hasil survey TK pertama, kali ini saya akan mereview hasil survey TK ke dua yang InsyaAllah menjadi pilihan saya untuk sekolah Nabila. Yang belum baca TK Pertama bisa klik link di bawah.

Baca : Balada Mencari TK di Sidoarjo (part 1)

And here it is, TK Kedua.

 

2. TK KHARISMA

Ini TK lama. Paling dekat sama rumah. Soundingnya juga berkualitas. Cuma lebih mahal daripada TK Permata Kasih.

OOT sikit ya, pernah suatu hari saya naik Uber Car ke kantor, trus ngobrol-ngobrol sama pak driver yang ternyata tetangga se Buduran. Nah anak pak driver tersebut sekolah di TK Kharisma ini. Bapaknya kemudian bercerita keunggulan-keunggulan TK Kharisma. Macam marketing lagi promosiin barang dagangan. Ceritanya bagus tok ga ada jeleknya. Terus penutupnya gini, “ya ada harga ada rupa ya bu, kita sebagai orang tua kan maunya yang terbaik buat anak, kerja kaya gini juga buat anak”. Oke sip terpatri lah sudah dalam memori otak saya. TK KHARISMA. Tapi tetap survey. Dasar mamah berjiwa surveyor sejati.

Lanjut review.

→ Terletak di Perumahan Gading Kirana, Kec. Buduran

Tempatnya ga seberapa luas mendekati sempit, sampai dipisah jadi 3 gedung dalam satu kompleks, dimana ketiganya saling berdekatan :

  1. Gedung 1 berisi ruang kelas TK A + TK B, kantor guru, UKS, ruang baca, ruang multimedia, tempat bermain di luar ruangan serta terdapat alat permainan + TV + DVD di dalam kelas sebagai penunjang pembelajaran. Semua ruangan ber AC.
  2. Gedung 2 berisi ruang kelas KB, tempat bermain di luar ruangan dan kantor adminstrasi (tempat pendaftaran).
  3. Gedung 3 berisi aula dan tempat bermain di luar ruangan.

→ Jam belajar TK

Senin – Kamis : 07.15 – 11.00

Jumat – Sabtu : 07.15 – 10.00

→ Program Kegiatan

  1. Satu kelas maks 20 siswa dengan didampingi 2 Guru
  2. Bahasa pengantar Bahasa Indonesia
  3. Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
  4. Hafalan doa harian
  5. Hafalan Surat Pendek
  6. Hafalan Asmaul Husna
  7. Belajar baca, tulis Al-Qur’an
  8. Praktik Wudhu dan Sholat
  9. Belajar baca, tulis, hitung
  10. Belajar Bahasa Jawa, Inggris, Arab dan Jerman
  11. Pemeriksaan kesehatan secara rutin
  12. Kegiatan outdoor, seperti ke Radio RRI Surabaya, ke TVRI dsb
  13. Ekstrakurikuler : renang, melukis, tari, angklung, drum band, pencak silat

→ Biaya

  • Pendaftaran Rp 150.000
  • SPP per bulan Rp 300.000
  • Seragam (sudah jadi) 3 Stel Rp 550.000 → Seragamnya sudah jadi, terdiri dari dua seragam harian dan satu seragam olah raga.
  • Uang Semester (buku dan kegiatan) Rp 1.150.000 → Ini sudah termasuk buku tulis, buku panduan, alat tulis, alat mewarnai dan tas sekolah serta biaya kegiatan-kegiatan seperti pentas seni, outing ke Radio RRI Surabaya, ke TVRI dsb.
  • Dana Pembangunan Rp 1.500.000 → Bisa diangsur flat selama 5 bulan
  • TOTAL Rp 3.650.000

 

Gila ya liat biaya masuk TK. Sumpah saya kaget langsung melongo gitu. Untung ga sampai pingsan. Ini saya yang kurang update apa gimana ya. Saya kuliah S1 saja biaya per semester cuma 600 rebu, semester itu 6 bulan sekali, lah ini TK 300 rebu per bulan. TK lho ya, TE-KA.

Harus kencengin ikat pinggang ini.

Coba googling referensi TK lain eh ternyata memang segituan hahaha berarti saya yang NORAQUE.

TK Al-Al an di Surabaya saja (Al Hikmah, Al Falah, Al Muslim, Khadijah) 450 rebu per bulan. Belom uang pangkalnya loh, kisaran 5 – 10 juta. WOW. Itu orang tuanya kira-kira berapa ya gaji per bulannya. Ada sekolah SAIM yang hits juga. Itu 650 rebu per bulan, uang pangkal 6,5 juta. Ya Allah bersyukur saya tinggal di Sidoarjo.

Meskipun lebih mahal ketimbang TK Permata Kasih, tapi entah kenapa saya sreg sama TK Kharisma ini, semacam intuisi gitu.

  • Pertama pengantar tidak boleh masuk pagar, apalagi menunggu, tujuannya biar anak lebih mandiri.
  • Terus saya lihat banyak piala di kantornya, katanya sih didapat dari lomba drum band, lomba lukis, dll di luar lingkup TK, berarti TK nya berprestasi dong.
  • Waktu saya survey langsung diajak lihat ruangan kelas, UKS, kamar mandi, dan YES semuanya bersih.
  • Saya juga lihat sekilas suasana kelas saat kegiatan belajar-mengajar, sepertinya ibu gurunya hangat jadi anak-anaknya senang riang ceria, sama sekali ga terbebani dalam belajar.
  • Oh ya, misal ada anak non muslim daftar boleh lho dengan catatan mau mengikiti kurikulum sekolah yang berbasis Islam.
  • Yang paling bikin sreg ibu guru yang menemui saya bilang lulusannya banyak yang melanjutkan ke SDN Pucang, MI NU dan SD Muhammadiyah dimana itu semua adalah SD favorit di Sidoarjo.

Bismillah sepertinya saya sudah sreg menyekolahkan Nabila di sini.

Ibu-ibu yang lain gimana, kriteria apa yang dipakai dalam mencari sekolah buat anaknya? Share di kolom comment dong.

16 Comments

  1. Wah mbak di tempatku tk islam bisa sampai 10 juta uang masuknya 🙁

    1. Ya Alloh mahal bener ya.

  2. Wah, keren surveynya Mbak..komplit info yang ditanyakan.
    Saya dulu pilih TK dekat rumah..hasilnya?gelagepan karena ternyata saat SD ketinggalan dari teman-temannya yang di TK unggulan..Akhirnya pas kelas 1 ngebut…kejar. Hadeh!

    1. Iya mbak TK itu dasar soalnya, pondasi banget. Jadi cari yang qualified.

  3. inget jaman TK dulu, TK Pertiwi yang biayanya gak mahal. TK anakku biayanya juga segituaaan, mahal ya.

    1. Iya mbak mhal 🙁

  4. Waaahhhh aku blm mulai nyari TK :D. Skr sih masih paud mba.. Ntr lg aku jg bakal mulai nyari tk buat si kaka. Tp aku ama suami udh bertekad pokoknya yg paling ptg deket rumah. Biar anaknya jg ga terlalu capek, dan babysitternya jg bisa nganterin 🙂

    1. Masuknya emang masih Juli. Tapi biasanya kuota TK terbatas rebutan sama yang dari paud/KB yayasan tersebut. Makanya aku udah mulai survei karena anakku ga pake paud/KB.

  5. Buseeett, ada bahasa jerman juga.

    Di deket rumahku uang masuknya 2.100 mbak. Belum cek biaya lain-lainnya. Males survey lagi, soalnya cuma itu yang bisa ditempuh jalan kaki. Eh ada lagi ding, di belakang rumah persis, tapi gak meyakinkan 😀

    1. Yaudah cari yang deket asal bagusan. Alif tahun ini juga kan TK A nya?!

  6. Anak saya juga sekolah di TK Al Al…hehehe…spp nya pun diatas 500rb tapi itu saya rasa sebanding dg yang anak kami dapatkan, insya Allah

    1. Iya mbak saya percaya ada harga ada rupa hehe.

  7. Nyari sekolah sekarang memang bikin puyeng. Apalagi TK, rata2 harganya mahal. Ya memamg sih, ngajar TK itu beda sama ngajar SD dan tingkat atas lainnya, tapi kadang-kadang saya mikir anak TK sekarang beban belajarnya kok yo berat banget huhuhu

    Tapi namanya orang tua, pasti semua ingin yang terbaik untuk anak2nya

    Semoga dapat sekolah yang pas dan klik dihati plus dompet ya mbak

    1. Amin, makasih mbak Arni 🙂

  8. ikutan komen ya mbak hehe…aku pernah nulis juga di blog soal kriteria sekolah idaman menurut versiku. Btw dirimu beruntung mbak harga TK masih segituan. Anakku masuk TK tahun kemarin hampir 9 juta itu udah uang segala macam (uang pangkal, kegiatan, seragam, jalan-jalan, semua2 all in) SPP 700 ribu sebulan. Naik ke TK B daftar ulangnya 3 jutaan huhuhuhu…..aku sama suami nyicil2 mbak buat masukin anak ke TK itu karena dekat lokasinya dari rumah dan termasuk TK Islam favorit (sering menang aneka lomba termasuk lomba manajemen TK se kotamadya Jakarta Timur)

    1. iya syukur alhamdulillah saya tinggal di Sidoarjo 🙂

Leave a Reply