my life, random thoughts

6 Profesi yang Hits Sejak Ada Instagram

Hai hai.

Tahun 2018 ini jumlah followers instagram mu udah berapa? Belom nyampe 1k?! Sama dong hahaha.

Ga bisa dipungkiri bahwa instagram menjadi salah satu social media yang membawa dampak perubahan besar pada peradaban. Sejak kemunculannya tahun 2010, instagram kini mempunyai kurang lebih 800 juta pengguna aktif, sungguh angka yang fantastis.

Mulai anak-anak, remaja bahkan orang tua pun gemar main instagram. Baik itu artis, dosen, polisi, pelajar, PNS, pegawai perusahaan bonafit, buruh pabrik, pengangguran, semua lini profesi main instagram.

Sekarang mau beli apa-apa cari referensinya lewat instagram. Setelah beli, foto, upload di instagram.

Mau makan, mau travelling, mau cari baju nikah, mau dekor rumah, mau cari make up artist, mau ngasuh anak sampai mau cari resep MPASI buat anak juga carinya lewat instagram. Tar abis itu difoto trus upload di instagram. Foto kita dijadiin referensi sama orang lain. Muter aja terus.

Cari referensi di Instagram ga salah koq asal referensinya merujuk dari pihak yang tepat, misal cari info baju nikah ya cari melalui akun kebaya, tar disitu bakalan dijembrengin macam-macam model kebaya lengkap dengan harganya, tinggal kitanya sesuaiin sama budget yang ada. Jangan cari lewat akun artis, itu mah tar jadinya kita kepengen tanpa bisa ngukur diri, mampu ga sih beli kaya si anu si inu si ono.

Sama halnya tentang pola asuh anak, carinya di akun parenting, akun dokter anak, akun psikolog, akun ahli gizi, bukan lewat akun artis.

Intinya kita lah sebagai pengguna instagram yang harus pandai memilah.

Baca : Social Media, Yay or Nay?

Mmm.. terlepas dari kebiasaan cari – dapat – foto – upload di instagram, sadar ga bahwa belakangan ini muncul profesi-profesi baru gara-gara ada instagram?! Ada yang benar-benar baru, ada juga yang memang sudah ada sejak dulu tapi ya gitu deh dulu dipandang sebelah mata, baru semenjak ada instagram profesi tersebut menjadi hits.

 

Profesi yang Hits Sejak Ada Instagram

1. Online Shop

Profesi ini sudah ada sejak dulu. Tapi baru hits setelah kemunculan instagram. Ssekarang mungkin sudah ada ratusan bahkan ribuan online shop. Mulai dari yang jual pakaian, jilbab, perlengkapan bayi, buku, kosmetik, crafting, home decor, elektronik, otomotif, alat kesehatan, pembesar payudara, sampai jual jasa (cleaning service maksudnya, jangan negatif thinking).

Ada online shop yang prefesional dibangun dengan modal gede, punya tenaga admin sampai punya toko offline. Tapi ada juga yang amatiran, jualannya by order dan dikerjakan sendiri.

Percaya atau engga, kehadiran online shop ini membuat mall jadi makin sepi, bahkan beberapa tenant sampai tutup. Denger kan matahari di Pasaraya Manggarai tutup tahun 2017 kemarin?!

Gila ya segitu gede dampak instagram.

2. Selebgram

Profesi lain yaitu selebgram (selebriti instagram). Dia bukan artis tapi karena followers instagramnya banyak jadilah sering di endorse oleh para online shop  untuk mempromosikan produknya. Bayarannya lumayan euy. Makanya sekarang orang-orang berlomba-lomba buat jadi selebgram.

3. Fotografer

Aduh dulu waktu belum ada instagram, fotografer kapan sih dibutuhin? Palingan pas ada acara nikahan,  sunatan, ulang tahun, wisudaan, bikin pas foto, udah kan. Kecuali di dunia keartisan lho, fotografer pasti sangat dibutuhkan untuk pemotretan.

Sekarang?! Hampir di semua kegiatan fotografer sangat dibutuhkan.

  • Tuh para online shop fotoin produknya udah ga maen-maen, udah ga level pake HP, mereka bayar fotografer tau.
  • Selebgram juga gitu, demi menambah pundi-pundi followers, mereka fotonya ga sekedar minta tolong ke temennya atau saudaranya, mereka difotoin fotografer.
  • Pemilik resto udah pasti suruh fotografer buat fotoin makanannya trus dipajang di instagram. Pemilik hotel pun demikian.
  • Orang-orang biasa kaya kita aja kalau travelling ajak fotografer buat abadiin setiap moment.
  • Studio foto menjamur dan selalu penuh, mulai fotoin bayi yang baru berumur beberapa hari, fotoin anak-anak, fotoin remaja ala genk CINTA, fotoin pasangan yang baru aja jadian masih manis-manisnya, fotoin prewedd, postwedd, maternity, fotoin keluarga dll.
  • Pokoknya fotografer sekarang naik daun lah, we need youuuuu.

Tapi ya semakin banyak yang butuh fotografer semakin banyak juga yang mau belajar fotografi. Jadi banyak saingannya bro, tenang aja jangan khawatir kebanjiran job, hahaha.

4. Ekspedisi

Inget ga dulu tuh ekspedisi cuma ada beberapa : lorena lewat bus, log lewat PT KAI, kargo lewat kapal laut sama TIKI lewat pesawat. Sekarang?! Buanyak. Ada JNE, lewat POS juga bisa, ada J&T, ada Sicepat, ada Ninja, ada JD.ID (itu tuh yang iklannya terus-terusan diputer di TV sampai saya hafal) brb nanyi dulu *aaaaah kena tipu barang palsu. Dan masih banyak ekspedisi lainnya.

Ini semacam siklus, ada instagram – online shop bermunculan – ekspedisi pun bermunculan.

5. Jastip (Jasa Titip) / Personal Shopper

Nah, ini bener-bener profesi baru. Dengan adanya instagram, semua orang baik di kota besar maupun di pelosok pedalaman bisa update informasi apapun yang lagi happening. Misal lagi booming lipstick matte borjouis, nah yang di pelosok pun bisa beli ga perlu jauh-jauh ke kota besar atau ke luar negeri, cukup titip beli ke para jastip atau personal shopper itu, biasanya ada biaya jastip kisaran 10 ribu ke atas di luar ongkir.

Bukan cuma barang kecil macam lipstick ya, makanan, pakaian, sepatu, bahkan furniturenya IKEA pun ada jastipnya. Ya Alloh kreatifnya orang-orang itu.

6. Kue kekinian

Ini juga baru nih. Gara-gara instagram, muncul lah bisnis kue kekinian yang target customernya adalah makhluk digital alias para instagramer. Iya kan?! Iya dong. Itu mereka iklannya cuma lewat foto-foto ciamik dan video seru yang di upload di instgram lho. Gitu doang aja omsetnya udah ratusan juta.

Baca : Oleh-oleh Khas Daerah di Kalangan Artis

Mungkin selain 6 profesi di atas, masih ada lagi profesi-profesi yang hits sejak ada instagram. Entahlah sampai kapan instagram akan berjaya. Karena seperti friendster, instagram pun bisa tergerus oleh kehadiran sesuatu yang baru. Jangan terlena.

19 Comments

  1. Iya mbak. Kudu pandai memilah. Disesuaikan sama kondisi dan kebutuhan. Kalo instagram aku feednya awut awutan. Malah lebih seneng instastory hehe…

    1. iya sekarang aku juga lebih seneng instastory karena bisa semau gue mau posting apaan, hahaha

  2. Sejak kehadiran instagram dan youtube, orang nggak perlu jadi artis buat bisa terkenal. Hehe

    1. iya bener mbak 🙂

  3. Bener banget mba, mkanya banyak kids jaman now yang pengen jadi selebgram karena bisa bergaya dan dibayar
    Klau saya sih baru nyobain yang nomor 1

    1. gapapa sih asal tidak meninggalkan kewajiban utama sebagai pelajar, karena pendidikan akademis tetap paling bermanfaat kedepannya

  4. setujuuuu… setuju, aku termasuk yang memanfaatkan instagram buat menghasilkan walaupun belum cetar banget kerjaannya, tapi pelan-pelan..

    rasanya pengen banget jadi selebgram… tapi itu tentu tidak mungkin, sadar potensi bukan disana =)))))

    1. waaaah followernya banyak banget, foto-fotonya juga bagus 🙂

  5. Sekarang memang arahnya ke foto dan video yah, harus belajar lagi nih ngasah kemampuan ngikutin jaman hehehe 🙂

    Cheers,
    Dee – heydeerahma.com

    1. iya kalo emang main sosmed buat ngehasilin duit kudu terus ngikuti perubahan, tapi kalo sekedar buat fun yauda gini-gini aja gapapa hahaha

  6. Ada lagi nih mba, tapi belum ngehiets banget…. Penyewaan tempat dan kostum ala-ala shabby, kalo ditempat ku rame banget, secara masih baru dan (kayanya baru) satu2nya, krn instagram-able banget konsepnya

    1. waaah kalo di Sidoarjo ada tempat penyewaan ala shabby aku senang banget, lumayan bisa buat properti pas ikutan quis foto hehehe

  7. dan aku penasaran mba … tren kedepan apalagi ya? trus yg udah jadi tren skrg bakal brtahan sampe tahun kapan yaks

    1. mari kita lihat 🙂

  8. Socmed ketika digunakan untuk hal yang baik, selain menambah teman, juga menambah pundi2 rupiah atau bahkan dolar mungkin ya, haha… Begitupun dengan IG. Sayang banget memang kalau IG untuk kepo2in orang lain, kecuali memang bikin IG untuk iseng2 aja ya…

    1. iya semua balik lagi ke penggunanya 🙂

  9. instagram masih berjaya yaa mbaa.. aku jadi suka fotografi, berawal dari instagram Sampai sekarang…

    1. iya masih sangat-sangat berjaya

  10. Wah saya baru tahu yang jastip ini lho. Kudetnya saya . Iya skarang semakin canggih jadi semakin memudahkan kita y

Leave a Reply